Minggu, 09 November 2014

Di Alun-alun Serang, Bung Karno Sebut Syeikh Arsyad Thawil Pahlawan Besar
Backdrop acara khaul memperigati Peristiwa Geger Cilegon di aula Kampus Al-Khairiyah Citangkil, Cilegon

CILEGON – Mungkin Anda belum tahu kalau Bung Karno, Presiden pertama kita, pernah datang ke Serang, Banten.

Dikatakan Helldy Agustian, keturunan Syeikh Arsyad Thawil, seorang tokoh Geger Cilegon, Bung Karno pernah datang ke Alun-alun Serang dan menyebut Syeikh Arsyad Thawil sebagai pahlawan besar.

“Perlu diketahui, bahwa Bung Karno pernah mendatangi alun-alun Serang, Banten, setelah Indonesia merdeka dan berpidato di depan ribuan masyarakat Banten, tepatnya pada bulan Desember 1945. Bung Karno pun memuji akan kegigihan peran Kyai Arsyad Thawil,” kata Helldy, usai menghadiri khaul memperingati Peristiwa Geger Cilegon 1888 di aula Kampus Al-Khairiyah Cilegon, Minggu (09/11/2014).

Cerita tentang Bung Karno pernah ke Serang itu terpasang di backdrop acara haul tadi pagi itu. "Wahai putra-putra Banten, tahukah kalian bahwa di Banten ada seorang pahlawan besar, siapa dia? Dia adalah Kyai Haji Moechamad Arsyad Thawil," begitu bunyi tulisan yang terpasang di backdrop acara itu.

Diceritakan Helldy, Syeikh Arsyad Thawil sendiri di asingkan hingga meninggal di Manado, Sulawesi Utara, karena melawan penjajah Belanda di zamannya, yang puncaknya terjadi pada peristiwa Geger Cilegon 1888. Kyai Arsyad Thawil meninggal di pengasingan pada 19 Maret 1934. (Idham).

Source : RadarBanten.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Advertisement